Mengenal Apa Itu Overclocking

type='html'>Mengenal Apa Itu Overclocking - Overclocking merupakan sebuah tindakan untuk memacu ataupun memaksa sebuah komputer untuk bekerja di atas kemampuan standart yang diberikan oleh pabrik. Dengan melakukan overclocking, maka kinerja komputer akan menjadi semakin cepat (baca: Care mengatasi komputer/laptop lemot), tetapi kestabilan sistem juga akan semakin terganggu jika kita belum menguasai betul teknik melakukan overclocking.

apa itu overclock

Untuk melakukan overclocking, kita hanya membutuhkan sebuah pendingin untuk mendinginkan processor yang terlalu panas karena kerjanya yang di luar batas. Selain itu, power supply yang mumpuni juga wajib ada untuk menjaga komponen anda tetap sehat. Jika kita sudah memiliki pendingin, maka tingal jalankan saja langkah overclocking dengan masuk ke BIOS komputer.

Inti dari overclocking adalah merubah settingan bios pada processor, ram, dan komponen lainnya untuk menemukan settingan yang pas dan paling cepat. Contohnya dengan merubah FSB, multiplier, dan konfigurasi ram pada bios, kita sudah bisa melakukan overclocking pada komputer. Bahkan sekarang sudah banyak pabrikan motherboard yang telah menyematkan fitur overclocking, sehingga kita hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut untuk mengoverclock seluruh sistem. Sangat mudah bukan?
Back To Top